Selasa, 31 Desember 2013

Alienasi sebagai Masa Pendewasaan

Alienasi, apa itu? Sebuah proses yang akan dialami oleh manusia ketika dia berada dimasa dewasa awal. Kalau bahasa awamnya, alienasi itu proses keterasingan. Kenapa saya ingin menuliskan hal ini? Karena saya merasa asing dengan dunia saya yang baru dan saya masih mencoba untuk beradaptasi untuk menemukan peran saya disini. Dunia kerja, dunia orang dewasa, dunia dimana kita harus mau dan dituntut untuk mengerjakan hal-hal diluar kebiasaan kita. 

Entah itu faktor luck atau faktor X saya dikirim ke sebuah perusahaan untuk mengembangkan diri saya. Dari pengalaman yang lalu saya mengetahui saya akan berkembang dengan baik dan mampu mengolah informasi dengan syarat saya harus dipantau sampai saya dirasa siap untuk mengembangkan sayap. Ciehhhh..

Tapi hal lainnya adalah saya bisa belajar dengan mandiri jika saya diberikan tugas yang sama secara berulang-ulang. Metode Pavlov ini mah, saya mengerti juga ya konsep behavioristik. Sambil menikmati masa-masa menuju resign dan segelas milkshake cokelat buatan saya di kantor, saya menuliskan pengalaman yang saya lalui untuk menghadapi masa alienasi.

First, ketika saya menyusun skripsi. Saya mersakan saya harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan saya. Hal itu karena metodologi dan subjek penelitian yang berbeda. Masa mau sama terus? Kapan mau dewasa n mandirinya?. Itulah yang saya pikirkan. Saya yakin masalah datang pasti bisa diselesaikan.

Second, melewati sidang dan memasuki masa revisi. Temen-temen saya pada tahu lah kisah saya yang berjuang menghadapi *****. Saya sensor demi kebaikan bersama. Mungkin pada saat itu saya sudah pasrah dan melewatkan liburan-liburan yang menjadi angan-angan saya. Tapi, itu semua terbayar dengan adanya bulan November dan Desember yang dipenuhi kisah manis. Ahahah. Jangan kepo ya.

Third, masa pencarian kera (red:pengangguran). Saya memasuki masa ini dan sempat galau untuk jadi pegawai swasta atau PNS. Karena jadi PNS saingannya banyak cui. Demi bisa menghadapi tantangan yang lebih baik pastinya harus dicoba dong. Saya merasa kecil kalau dengar cerita dan pengalaman temen-temen saya yang udah kerja dan tahu rimbanya dunia kerja terutama ibu kota. Jadi, kalau saya mengeluh itu ga sebanding dengan perjuangan mereka. 

Fourth, yang pastinya saya nggak mau stuck disatu titik. Saya mau move awaayyy menuju perkembangan yang selanjutnya. Mau jadi PNS atau pegawai swasta. Yang pasti takdir dari Allah yang terbaik. Aamiin. 

Semogaaaaa saya lulus dan bisa jadi yang terbaik serta membanggakan kedua orang tua saya.
Resolusi move awaaaayyy dari alienasi tahun 2014:
1. Jaga shalat dan mulai belajar ngaji n puasa.
2. Bisa mengendarai mobil dengan baik dan benar
3. Bisa masak; Ceuceu Merin ajarin aku yaa..
4. Bisa terus silaturahmi dengan my little family @ kampus dan padalarang.
5. Mempunyai penghasilan sendiri (bener-bener sendiri)
6. Terus nulis XD. Satu karya bisa tembus cetakan XD
7. Budayakan baca.
8. Sertifikasi bahasa inggris ya :D
9. UI Psikologi.
10. Jodoh kalau boleh. Ahahaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar